Kloter 9 Tiba, Pemulangan Jemaah Haji Sumsel Berakhir

PALEMBANG, TS – Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2022 M debarkasi Palembang berakhir. Hal tersebut ditandai dengan masuknya kelompok terbang (kloter) terakhir di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu (13/08). Kloter terakhir debarkasi Palembang adalah kloter ke 9 ini membawa 123 jama’ah haji asal kabupaten OKU selatan dan kota Palembang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel Syafitri Irwan, mengatakan setelah pemulangan jamaah haji selesai, mereka akan segera melakukan evaluasi supaya penyelenggaraam ibadah haji tahun depan semakin lebih baik dari tahun ini.

“Debarkasi Haji Palembang telah memberangkatkan 9 Kloter dengan jumlah jamaah sebanyak 3.722 orang yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung ” kata Syafitri.

Dari 3.722 jama’ah haji yang berangkat, 1 jama’ah asal Babel wafat di Madinah, dan 1 Jama’ah Sumsel pulang lebih awal (Tanazul) melalui Jakarta. Jadi jamaah yang kembali melalui debarkasi Palembang 3.720 orang.

Kakanwil bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Ia mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain itu, yang cukup membanggakan salah satu kloter Sumsel yaitu kloter ke 8 mendapatkan penghargaan sebagai kloter paling disiplin selama di tanah suci. Selain itu dari kloter pertama hingga kloter terakhir hasil pemeriksaan swab seluruh jamaah dinyatakan 100% negatif.

“Alhamdulillah 100% jamaah kita semuanya negatif covid19 dan Selamat kembali ke kampung halaman para jamaah haji sekalian, jaga kemabruran hajinya,” ucap kakanwil.

Kedatangan jama’ah haji kloter terakhir ini disambut oleh Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh H. Armet Dachil, Kepala kemenag kota Palembang H. Deni Priansyah, Kepela Kemenag Kabupaten OKU Selatan H. Syarip, dan perwakilan pemerintah provinsi sumatera selatan. (rl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *