Seni Tulis dan Baca Puisi Gencar Digalakan Di sekolah-sekolah

PALEMBANG, TS – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menghadiri grand final sayembara baca puisi kemerdekaan yang diselenggarakan oleh Ruang Gagasan Bersama (RGB) bertempat di Dinas Pendidikan (Diknas) Sumsel, Rabu (31/8).

Dalam senyembara baca puisi yang diikuti siswa dan siswi Sekolah Lanjut Tingkat Stas (SLTA) tersebut Gubernur Herman Deru menegaskan, seni menulis dan baca puisi perlu digencarkan dikalangan para siswa di sekolah-sekolah. Dengan catatan puisi yang ditulis tidak menyalahi norma dan estitika yang ada di tengah masyarakat.

“Hebat acara ini telah sukses sampai grand final. Saya apresiasi kegiatan ini,” kata Herman Deru.

Herman Deru menegaskan kemampuan membaca puisi merupakan satu kelebihan yang dimiliki seseorang karena tidak semua orang bisa membaca puisi.

“Membaca puisi ini adalah suatu kemampuan lebih yang ada pada peserta. Karena membutuhkan keberanian. Bahkan bukan saja sekedar membaca tetapi juga menampilkan ekspresi yang lebih dalam,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Herman Deru berharap para pelaku seni pembaca puisi dan pengarang puisi dapat diberi ruang dalam berkarya dan menyampaikan pesan-pesan morilnya melalui narasi pusi.

“Kita harapkan disini adalah para pembaca dan pengarang puisi ini diberikan kelulasan berkarya melalui puisi untuk menyampaikan pesan morilnya selama ini tidak melanggar norma yang berlaku dalam estetika dan kewajaran,” ucapnya.

Herman Deru juga memberikan motivasi untuk para peserta lomba.

“Bagi peserta, menang atau kalah nomor sekian yang penting adalah keberanian dan talenta kalian perlihatkan disini,” ungkapnya

Diakhir sambutannya, dia berharap agar pihak RGB aktif melakukan kegiatan yang serupa, pemerintah akan membantu melalui Organisasi Perangkat Daerah terkait.

“Sama-sama kita berharap forum RGB ini lebih aktif menggandeng Dinas Pendidikan. Pemprov melalui OPD yang terkait akan membantu,” pungkasnya.

Sementara itu Kadisdiknas Sumsel, Riza Fahlevi menegaskan pihaknya memberikan bantuan untuk mensukseskan kegiatan yang diselenggarakan oleh RGB.

“Kami juga menyambut baik kegiatan ini, dengan menyiapkan fasilitas tempat karena kegiatan seperti ini sangat baik dan sudah seharusnya di suport,” kata Riza.

Ditempat Direktur Utama RGB, Efran mengatakan perlombaan baca puisi iikuti 1300 peserta.

“Kegiatan ini kita gelar dengan tujuan menarik minat pelajar yang ingin belajar membaca ataupun menulis narasi puisi,” tandasnya. (rl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *