PALEMBANG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) III Palembang menambah jumlah kereta kelas ekonomi pada dua layanan andalannya selama masa liburan sekolah yang berlangsung dari 13 Juni hingga 13 Juli 2025. Penambahan ini dilakukan guna mengakomodir tingginya minat masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi kereta api.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan bahwa satu kereta ekonomi ditambahkan pada rangkaian KA Bukit Serelo relasi Stasiun Kertapati–Lubuklinggau (PP), dan tiga kereta ekonomi ditambahkan pada KA Rajabasa relasi Kertapati–Tanjungkarang (PP).
“Penambahan ini merupakan bentuk respons terhadap animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap layanan kereta api kelas ekonomi, khususnya selama masa liburan sekolah,” kata Aida, Senin (16/6/2025).
Dengan penambahan tersebut, formasi rangkaian KA Bukit Serelo (KA S9 dan S10) menjadi 6 kereta ekonomi + 1 kereta makan pembangkit (6K3+1KMP3), sedangkan KA Rajabasa (KA S7) menjadi 8 kereta ekonomi + 1 kereta makan pembangkit (8K3+1KMP3).
Total kapasitas tempat duduk yang tersedia selama periode libur sekolah mencapai 90.124 tempat duduk, atau rata-rata 2.904 tempat duduk per hari. Hingga 16 Juni 2025, tercatat sebanyak 69.481 tiket telah terjual atau sekitar 77 persen dari total kapasitas.
“Bagi masyarakat yang ingin memesan tiket, dapat melakukannya melalui aplikasi Access by KAI atau mitra resmi penjualan tiket. Tiket juga bisa dibeli secara go show di stasiun 3 jam sebelum keberangkatan selama masih tersedia,” ujar Aida.
Untuk mendukung kemudahan layanan, sejak 14 Juni 2025 KAI Divre III Palembang juga menambah dua stasiun yang melayani pembatalan tiket secara offline, yakni Stasiun Prabumulih dan Muara Enim. Kini total ada lima stasiun yang melayani pembatalan tiket, termasuk Kertapati, Lahat, dan Lubuklinggau.
Aida juga mengimbau masyarakat agar tidak membeli tiket dari agen tidak resmi yang menawarkan harga di atas harga normal. “Hindari pembelian melalui calo atau platform ilegal. Pembelian tiket resmi hanya dilakukan melalui kanal yang telah ditentukan,” tegasnya.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau akun media sosial resmi @KAI121.
“KAI Divre III Palembang bersama DJKA Kementerian Perhubungan berkomitmen meningkatkan pelayanan demi memberikan pengalaman perjalanan libur sekolah yang aman, nyaman, dan penuh cerita bersama keluarga,” tutup Aida. (ril)