PALEMBANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) mencatatkan kinerja positif dalam pelayanan LRT Sumatera Selatan. Dari awal tahun hingga Triwulan III 2025, tercatat 3.386.357 penumpang telah menggunakan layanan ini.
Pada periode Triwulan III saja, tercatat 1.159.205 penumpang, meningkat 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024.
Manager Humas Divre III Palembang, Aida Suryanti, menilai tren ini menunjukkan minat masyarakat yang semakin tinggi terhadap transportasi publik modern, efisien, dan ramah lingkungan.
“Menggunakan LRT tidak hanya menghemat biaya dan waktu, tetapi juga lebih ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan komitmen KAI bersama BPKARSS menghadirkan layanan transportasi berkelanjutan di Sumatera Selatan,” ujar Aida.
Selain meningkatnya jumlah penumpang, penggunaan Kartu Uang Elektronik (KUE) juga menunjukkan tren positif. Selama Triwulan III 2025, 48.638 penumpang menggunakan KUE untuk membayar tiket, sehingga mengurangi limbah kertas secara signifikan.
Penggunaan KUE tidak hanya mempermudah penumpang, tapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan melalui pengurangan kebutuhan tiket fisik, penghematan kertas, pelestarian hutan, dan penurunan emisi karbon dari produksi dan distribusi tiket.
KAI Divre III Palembang mendorong masyarakat menggunakan berbagai jenis KUE dari Bank Himbara, bank swasta, maupun bank daerah yang sudah bekerja sama. Dengan KUE, penumpang tidak perlu antre panjang di loket, sehingga perjalanan lebih cepat, mudah, dan nyaman.
“KAI Divre III Palembang bersama BPKARSS berkomitmen menghadirkan transportasi publik modern, ramah lingkungan, dan berorientasi pada pelanggan. Dukungan masyarakat dalam penggunaan KUE dan kepatuhan terhadap aturan akan membuat LRT Sumsel menjadi pilihan utama transportasi di Palembang,” tutup Aida. (rilis)







