PALEMBANG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang terus memperkuat komitmennya dalam memberikan layanan inklusif bagi masyarakat. Melalui skema diskon beragam, KAI mempermudah akses perjalanan tidak hanya bagi lansia, tetapi juga bagi golongan khusus lainnya seperti wartawan, penyandang disabilitas, veteran, serta anggota TNI dan Polri.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan, kebijakan ini bertujuan mendukung mobilitas kelompok masyarakat tertentu yang memiliki peran penting di tengah masyarakat.
“Kami ingin memastikan bahwa layanan kereta api ramah untuk semua kalangan. Skema diskon ini adalah bentuk apresiasi KAI bagi golongan khusus yang telah memberikan kontribusi bagi bangsa,” ujar Aida, Minggu (13/7/2025).
Skema Diskon KAI yang Berlaku:
Lansia (60 tahun ke atas):
Diskon 20% untuk semua kelas KA komersial (ekonomi, bisnis, eksekutif).Penyandang Disabilitas:
Diskon 20% untuk semua kelas.Wartawan:
Diskon 20% untuk kelas ekonomi dan bisnis, cukup menunjukkan kartu identitas pers dan surat tugas.Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI):
Diskon 50% untuk perjalanan Selasa–Kamis (kecuali hari besar dan tanggal ramai).
Diskon 30% untuk perjalanan Jumat–Senin, hari libur nasional, dan tanggal ramai.
TNI-Polri:
Diskon 25% untuk kelas eksekutif.
Diskon 50% untuk kelas bisnis dan ekonomi.
Proses Registrasi Mudah, Cukup Sekali
Untuk mendapatkan tarif diskon ini, penumpang wajib melakukan registrasi satu kali di stasiun yang memiliki layanan customer service atau melalui loket bagi stasiun yang tidak menyediakan layanan tersebut.
Registrasi hanya perlu dilakukan sekali dan berlaku hingga masa diskon habis. Setelah masa berlaku berakhir, registrasi ulang diperlukan.
Registrasi bisa diwakilkan dengan membawa dokumen lengkap seperti KTP, kartu anggota LVRI, KTA TNI-Polri, kartu pers, surat tugas, serta surat keterangan disabilitas dari dokter.
Beli Tiket Lebih Praktis via Aplikasi
Setelah registrasi, pembelian tiket bisa dilakukan secara langsung di stasiun maupun melalui aplikasi Access by KAI. Diskon dapat digunakan 48 jam setelah registrasi berhasil.
Langkah pemesanan diskon via aplikasi:
Pilih stasiun, tanggal, dan tujuan.
Tambahkan identitas penumpang sesuai kategori diskon.
Pilih opsi reduksi di bagian detail penumpang.
Lanjutkan proses pembayaran.
KAI Perkuat Fasilitas Ramah Lansia dan Disabilitas
Sebagai bentuk layanan inklusif, KAI terus menambah fasilitas ramah lansia dan penyandang disabilitas seperti kursi prioritas, toilet ramah disabilitas, dan aksesibilitas lebih mudah di stasiun dan dalam kereta.
“Kami ingin memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman, terutama bagi kelompok rentan dan golongan tertentu yang berjasa bagi masyarakat,” tutup Aida.