KA Bukit Serelo dan Rajabasa Full Booked Jelang Libur Panjang

Palembang – Dua layanan kereta api andalan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang, yakni KA Bukit Serelo dan KA Rajabasa, sudah habis dipesan menjelang libur panjang akhir Mei 2025. Tingginya minat masyarakat membuat kedua kereta tersebut mencatat okupansi hingga 100 persen lebih.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan tiket untuk KA Bukit Serelo relasi Kertapati–Lubuklinggau (PP) sudah terjual di atas kapasitas. “Untuk KA Bukit Serelo (S9) rute Kertapati–Lubuklinggau sudah terjual 2.898 tiket atau 109 persen. Sementara rute sebaliknya (S10) sebanyak 2.960 tiket,” ungkap Aida, Minggu (25/5/2025).

KA Rajabasa yang melayani relasi Kertapati–Tanjungkarang pun tak kalah laris. Tiketnya juga sudah full booked atau mencapai okupansi 100 persen.

KAI Divre III sendiri menyiapkan 11.870 tempat duduk untuk perjalanan libur panjang periode 28 Mei hingga 1 Juni 2025. Dari jumlah tersebut, hingga saat ini sudah terjual 9.767 tiket atau sekitar 82 persen.

Sementara itu, KA Sindang Marga yang juga melayani rute Kertapati–Lubuklinggau masih memiliki banyak kursi kosong. “Penjualannya baru mencapai 30–35 persen. Kami mengimbau masyarakat yang belum kebagian tiket bisa memilih KA Sindang Marga sebagai alternatif,” ujar Aida.

Menurutnya, tingginya animo masyarakat terhadap KA Bukit Serelo dan Rajabasa juga dipicu oleh tarif murah berkat subsidi pemerintah melalui skema Public Service Obligation (PSO).

“PSO adalah bentuk dukungan nyata dari pemerintah melalui DJKA Kemenhub bersama KAI agar layanan kereta bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Jumlah penumpang KA PSO di wilayah Divre III Palembang terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2022 tercatat 557.259 penumpang, naik menjadi 693.237 penumpang di 2023, dan kembali meningkat menjadi 743.482 penumpang pada 2024.

KAI mengimbau masyarakat untuk memesan tiket hanya melalui aplikasi Access by KAI atau mitra resmi agar terhindar dari penipuan. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui Contact Center KAI di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau akun media sosial KAI121.

“Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang,” tutup Aida. (ril)