Menciptakan “Layak Anak ” DPPKBPPA Sosialisasi Tentang PUSPAGA

PALI – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, melakukan sosialisasi tentang PUSPAGA.

PUSPAGA merupakan unit layanan satu pintu untuk membantu mengatasi permasalahan dalam rumah tangga.

Mariono Kadin DPPKBPPA, mengatakan Puspaga merupakan rujukan pengasuhan, pendidikan, kesehatan perlindungan bagi anak, dan orang tua guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal.

 

Ia menuturkan untuk meningkatkan Kapasitas

Jejaring keluarga, dibentuk karena masih kurangnya peran masyarakat dalam pencegahan kekerasaan dan kurangnya tenaga terlatih dalam pencegahan kekerasaan terhadap perempuan anak dan keluarga.

 

Ia berharap PUSPAGA mampu memberikan konsultasi dan menyelesaikan persoalan kekerasaan pada perempuan, anak dan keluarga di kabupaten PALI.

 

“Sebagai kota layak Anak, Kab PALI memiliki komitmen untuk meningkatkan kapasitas orang tua yang bertanggung jawab terhadap pengasuhan dan perlindungan anak dari kekerasan eksploitasi, perlakuan salah, dan penelantaran, ” ucapnya, Senin (29/7/24).

 

Dalam kegiatan ini juga, DPPKBPPA mengundang beberapa narasumber, dari Mugni Zain Ketua Majelis Ulama Indonesia, Perwakilan Dinas Kesehatan, dan Kabid PPA dari DPPKBPPA kabupaten PALI.

“di dalam PUSPAGA terdapat Forum Anak, untuk penyambung lidah, bahwa sangatlah penting keharmonisan dalam rumah tangga, serta mendidik anak tanpa kekerasaan, ” tuturnya.

Editor : Novas

Penulis : Firman