Harkopnas ke 77 Tahun, Gelar Festival Sagururung Khas PALI

PALI – Hari Koperasi Nasional ke 77 tahun, Pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, menggelar Festival Sagururung.

Abdurohman Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten PALI, dalam kegiatan ini bertemakan “Koperasi Emas Maju, Indonesia Emas”, dan  memberikan target pengakuan KUR tanpa bunga sebanyak 100 pelaku usaha kecil.

“Target kita 100 pelaku usaha kecil yang mendapatkan manfaat pinjaman KUR tanpa bunga,” ucapnya, kamis (25/7/24).

Adapun besaran nilai pinjaman KUR bagi pelaku usaha kecil disebutkan Abdurrohman antara Rp10 juta maksimal plafon Rp15 juta.

“Anggaran untuk mensubsidi bunga KUR sebesar 6 persen dibebankan pada APBD Kabupaten PALI tahun 2024. Besaran pinjaman yang diterima pelaku usaha antara Rp10 juta hingga Rp15 juta dengan lama angsuran sesuai dengan kesepakatan antara pelaku usaha dengan pihak Bank Sumselbabel,” sebutnya.

Kartika Yanti Sekda kabupaten PALI, dengan adanya Festival Sagururung ini, bisa meningkatkan perekonomian bagi Pelaku UMKM.

“Pemkab Pali melalui Dinas Koperasi dan UMKM, memberikan bantuan berupa, memfasilitasi akte notaris usaha secara gratis bagi Pelaku UMKM, “tukasnya.

Bukan itu saja memberikan Laptop dan Motor untuk TKSK dan Pendamping PKH, memberikan timbangan kepada Pelaku UMKM.

Dan memberikan Peralatan jahit untuk Kelompok Penjahit, serta menerbitkan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat.

Hadir dalam Kegiatan ini Ahmad Zabadi Deputi Bidang Perkoperasian Kementrian Koperasi dan UKM RI, Amiruddin Kadin Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel, Forkompinda kabupaten PALI.

Penulis : Firman

Editor : Novas