Dishub PALI Menggelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan

PALI – Pada tahun 2013 hingga 2023 yang lalu, angka kecelakaan di Jalan, kebanyakkan di kalangan Generasi Muda yakni Pelajar.

Untuk menekan angka Kecelakaan di Jalan, Dinas Perhubungan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, berkoordinasi dengan Polres melalui Satlantas, menggelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas.

Kartieka Anwar, S. Kom, Plt Kadishub kabupaten PALI, mengatakan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas, berkoordinasi dengan Satlantas Polres.

“Peserta yang mengikuti Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas, dari Perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA), dan akan dinilai oleh Dewan Juri, yang telah disiapkan Panitia, ” ujarnya, rabu (17/7/24).

Peserta akan dibekali Pengetahuan, tentang tertib lalulintas, dan mengingatkan Pelajar agar berkendaraan sesuai dengan peraturan yang ada.

“Peserta yang akan dilolos, akan mewakili kabupaten PALI, untuk dikirimkan ditingkat Provinsi Sumsel, selanjutnya ke tingkat Nasional, ” ucapnya.

Ditambahkannya, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam berlalulintas, serta menjaga keselamatan.

“Setelah mengikuti kegiatan ini juga bisa memberikan Edukasi kepada teman lainnya dan Keluarga, agar mematuhi lalulintas, dengan melengkapi surat kendaraan, salah satu nya Surat Ijin Mengemudi, ” ungkapnya.

Sementara itu, Haryono, Asisten III Pemkab PALI, sangat mensuport kegiatan ini, dari keterangan ketua Pelaksana, bahwa kebanyakan Kecelakaan di Jalan adalah Pelajar.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi, agar lebih meningkatkan kesadaran berlalulintas, serta melengkapi surat kendaraannya, ” tuturnya.

Ia berpesan kepada Tim Juri, dalam memberikan Penilaian dalam Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas, agar bekerja secara objektif, agar bisa menghasilkan Pelajar yang berkualitas.

Ditempat yang sama, AKBP Khairu Nasrudin, S.IK, Kapolres kabupaten PALI, dengan adanya Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas, bisa memberikan pengetahuan kepada teman lainnya, untuk Patuh dalam berlalulintas.

“Di jaman Teknologi Pelajar, tidak susah lagi mencari Ilmu pengetahuan tentang angkutan jalan, dan lalulintas, disana Pengendara wajib Patuh berlalulintas, ” tutupnya.

Editor : Novas

Penulis : Firman